RSS Feed

"Haruskah aku CEMBURU?"

Posted by lulu jamaludin kamal Labels:



Salah satu sifat lelaki yang sholeh adalah pencemburu. Karena hal itu mengisyaratkan adanya perasaan cinta. Islam memuji lelaki yang memiliki rasa cemburu dan mencela orang yang tidak memilikinya.

Tetapi,
Islam mengatur pula batasan-batasannya,Yang mana bila batas-batas ini dilanggar maka akan Rusaklah Cinta yg telah Dibangun,
Sabda rasulullah saw dari Abu Hurairah : " Allah itu pencemburu dan seorang mukmin juga pencemburu, Kecemburuan Allah itu bila ada seorang hamba datang kepada-Nya dengan perbuatan yang diharamkan-Nya. (HR. Bukhari).

Dari Ibnu Mas'ud ra. Berkata, sa'd bin Ubadah berkata, " Kalau ketahuan ada seorang lelaki bersama istri saya, akan saya potong lehernya dengan pedang sebagai sangsinya." Bersabda rasulullah saw. : " Herankah kalian dengan cemburunya Sa'ad itu ?, ketahuilah bahwa saya lebih cemburu dari padanya. Demi Allah saya cemburu karena kecemburuan Allah terhadap perbuatan keji, baik secara terang-terangan maupun sembunyi-sembunyi " (HR. Bukhari)


Memang haruslah demikian agar seorang mukmin mempunya sifat dan berperangai ilahiyah dan nabawiyah yaitu PenCemburu,tp Terkadang Batasan yg terkadang kita Langgar,inilah sebenarnya Kesalahannya bukan Rasa Cemburunya..

Bahkan Orang yg tidak Memiliki Rasa Cemburu termasuk dalam Kategori "Dayust"/"Duyust"..
sebagaimana Sabda Rasulullah saw.." Tiga golongan yang tidak bakal masuk surga : orang yang durhaka terhadap bapak ibunya, Duyuts/Dayust ( Orang yang tidak mempunyai rasa cemburu), dan perempuan yang menyerupai laki-laki." ( HR. Nasai dan Hakim).

Waalahua'alam,

0 comments: